-->

Cara Memancing HRD Dengan Resume Yang Menarik dan Baik

Sudah sangat jelas sekali, dengan menulis resume yang baik tentu menjadi peluang emas agar dapat memiliki pekerjaan baru. Tidak hanya itu, dengan resume yang memukau juga akan membantu anda untuk mendapatkan posisi serta gaji yang memuaskan. Ini sudah pasti menjadi alasan utama yang akan membantu anda mendapatkan pekerjaan baru nantinya.

Tips menulis resume yang baik dan memukau

Resume merupakan salah satu alat bantu anda dalam hal mempromosikan diri dalam dunia pekerjaan. Dengan kata lain, resume adalah alat marketing diri sendiri. Nah, bagaimana agar resume ini menjadi alat yang baik untuk para pelamar? Sebagai alat promosi, maka usahakan menulis resume terlihat lebih memukai dan jauh berbeda dengan kandidat lainnya.

Sebagai contoh, pastikan anda bisa mempromosikan diri dengan baik dan jauh dengan kata kata sombong. Hal ini tentu dengan cara anda perlu menulis, menyampaikan, dan juga terstruktur dengan baik dan mudah dipahami. Tulislah sesuatu yang berkesan dan juga berbeda dengan kandidat lainnya. Lalu bagaimana agar resume anda mudah di lirik oleh perusahaan? Apa saja yang perlu dilakukan agar mendapatkan kesempatan wawancara?

Jawabannya adalah kunci dari menulis resume yang baik dan memukau dengan cara mempromosikan keahlian yang anda miliki, pengalaman dan pencapaiaan yang Anda dapat sehingga HRD mengerti apa yang hendak anda sampaikan serta nilai yang bermanfaat untuk perusahaan dimana anda lamar nantinya.

Berikut yang dapat anda ketahui sebagai contoh resume yang baik dan mudah di lirik oleh perusahaan yakni di bawah ini.

Fokus Pada Pencapaian Kerja
HRD tidak begitu memperdulikan aktivitas sehari-hari yang anda kerjakan. Namun mereka lebih tertarik terhadap apa yang telah anda capai dipekerjaan lama anda. Jika resume anda terlihat seperti sebuah catatan harian, saatnya menganti resume anda dan fokus terhadap pencapaian yang pernah anda terima.

Jangan lupa juga untuk menyebutkan value yang telah anda bangun di kantor lama anda dan calon kantor anda. Penulisan pencapaian terbukti sangat efektif untuk menarik perhatian pembaca (HRD) dan membedakan resume anda dengan kandidat yang lain.

Sebagai contoh dari pencapaian yang dapat anda tulis yakni di bawah ini:
  • Bagaimana anda meningkatkan pendapatan utama perusahaan
  • Bagaimana anda dapat mengurangi jumlah anggaran keluar atau meningkatkan efisiensi bisnis
  • Ide baru, inovasi dan perubahan yang dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang positif
  • Penghargaan khusus, gelar kehormatan atau awards.
  • Pelatihan dan mentoring

Baca Juga: Pertanyaan Yang Paling Sering Muncul Saat Wawancara

Gunakan Contoh Kuantitatif
Sama pentingnya dengan fokus terhadap pencapaian yang pernah diraih. Cara mudah untuk menunjukan prestasi dan kesuksesan anda adalah dengan contoh. Gunakan angka, figur dan statistik untuk mendukung pernyataan anda. Contohnya dari pada menuliskan “meningkatkan penjualan, menambah besar hasil perusahaan”, lebih baik menuliskan “meningkatkan jumlah penjualan menjadi 25% selama 6 bulan”. Cara ini sangat cocok untuk perusahaan bisnis.

Gunakan Kata Kunci
Menggunakan kata kunci yang benar dalam resume anda bukan hanya akan menarik perhatian pembaca (HRD) saja, namun juga akan meyakinkan mereka bahwa anda terlihat profesional. Tentunya resume anda tidak akan dilupakan begitu saja oleh HRD. Tingkatkan kualifikasi yang ada pada diri anda dengan membuat resume dengan menggunakan diksi (pemilihan kata) yang benar.
Biasanya HRD hanya membutuhkan waktu 10 detik saja untuk menentukan apakah resume anda menarik atau tidak. Rangkum kualifikasi diri anda dengan baik pada resume anda sebagai awal yang baik untuk memulai mencari pekerjaam impian.

Hapus Informasi Tidak Penting
Pastikan semua informasi yang ada di resume anda bisa meningkatkan kesempatan anda memperoleh pekerjaan impian. Informasi yang tidak relevan hanya akan memenuhi resume anda tanpa memberikan nilai tambah pada diri anda. Sebagai contoh, jika anda melamar untuk posisi project manager, yakin lah bahwa resume anda menyoroti keahlian anda dalam hal manajemen. Ingat bahwa resume anda adalah sebuah tiket emas, jadi pastikan bahwa resume anda memiliki nilai lebih daripada resume kandidat lain.

Baca Juga: 10 Format Resume Template Menarik

Sebuah resume yang menarik akan meningkatkan kesempatan anda untuk bertemu dan menceritakan siapa diri anda dan apa keahlian anda kepada HRD tempat anda melamar pekerjaan. Fokus pada resume dan promosiklan diri anda dengan baik agar kesempatan mencari pekerjaan impian semakin besar. Jika anda telah membuat sebuah resume yang menarik, tugas anda selanjutnya adalah melahap semua pertanyaan dari HRD dan ceritakan siapa diri anda pada saat interview.

Demikian cara memancing HRD dengan resume yang menarik. Buatlah resume semenarik mungkin dengan informasi yang mudah terpancing HRD, dan buang jauh jauh informasi yang tidak penting. Cara ini juga merupakan kesempatan emas untuk anda saat melamar pekerjaan baru. Ini adalah salah satu tips yang sudah dilakukan oleh ribuan pelamar lowongan kerja di perusahaan ternama baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

0 Response to "Cara Memancing HRD Dengan Resume Yang Menarik dan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel