Friday, 16 June 2017

Formasi CPNS Jalur Khusus Yang Dibuka Tahun 2017

Pengumuman penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah bukan rahasia umum lagi. Artinya, banyak peserta masyarakat Indonesia menanti informasi pengadaan tenaga kerja untuk CPNS tahun 2017. Berdasarkan informasi dari menpan.go.id, untuk tahun 2017, pemerintah hanya menerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan formasi khusus.

Pemerintah tetap konsisten melakukan moratorium dan penataan PNS, sebagaimana ditegaskan oleh Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Herman Suryatman beberapa hari yang lalu. Sesuai dengan program prioritas Nawacita Presiden Joko Widodo, yakni untuk tahun 2017 penerimaan CPNS berasal dari formasi khusus yang dibuka seperti Guru Garis Depan yang nantinya ditugaskan untuk mengajar di wilayah terluar dan terpencil di seluruh wilayah Indonesia.

Formasi CPNS yang dibuka untuk tahun ini

Tidak hanya tersedia untuk formasi Guru Garis Depan (GGD). Melainkan juga untuk Penyuluh Pertanian, karena dianggap penting untuk mendorong petani dapat meningkatkan produktivitasnya. Selanjutnya untuk formasi Dokter dan juga Bidan PTT Kementerian Kesehatan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Untuk formasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) juga menerima CPNS jalur khusus seperti penjaga lapas dan juga imigrasi. Selanjutnya calon hakim, merupakan formasi khusus yang disetujui oleh Kementerian PANRB. Mengingat pada lingkungan KEMENKUMHAM masih banyak membutuhkan SDM guna untuk meningkatkan pelayanan serta kinerja, maka pemerintah kembali menerima formasi CPNS di tahun 2017.

Untuk jumlah formasi yang akan diterima oleh instasi yang akan membuka jalur khusus untuk CPNS tahun 2017, saat ini belum ada pengumuman resmi. Namun, untuk formasi calon hakim di lingkungan kementerian hukum dan ham, Menteri PANRB menyetujui lebih kurang 1.684 calon hakim melalui formasi khusus nantinya.

Mengapa pemerintah membuka formasi CPNS jalur khusus dan bukan untuk umum di tahun 2017? Hal ini dikarenakan, selain untuk memanfaatkan SDM yang sudah terlatih atau yang memiliki keahlian tertentu, juga  mengutamakan program unggulan pemerintah seperti pendidikan jalur khusus. contohnya seperti Guru Garis Depan (GGD), dokter dan bidan PTT Kemenkes, serta penyuluh pertanian.

Dalam rekrutmen CPNS tahun 2017, juga belum ada pernyataan kuat terkait dengan tidak membukan CPNS jalum umum. Maka, untuk anda yang sedang menanti informasi penerimaan CPNS tahun anggaran 2017, tidak harus berputus asa. Tentu dalam penerimaan ini juga ada kebagian. Yang terpenting adalah anda sudah siap mengikuti seleksi CPNS disaat sudah ada pengumuman resmi dari menpan.go.id nantinya, khusus jalur umum.

Demikian informasi terkait dengan pengumuman penerimaan CPNS tahun 2017 berdasarkan kutipan dari www.menpan.go.id. Semoga menjadi informasi yang berguna bagi pengunjung nusantara. Terkait dengan informasi CPNS yang sudah beredar di media massa, jangan terkecoh dulu. Tunggu informasi resmi dari Kementerian PANRB.


EmoticonEmoticon