Cara Upload Dokumen di Aplikasi SSCN BKN Untuk CPNS 2017

Cara upload dokumen CPNS ke aplikasi sscn.bkn.go.id 2017 - Bagi anda sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tahun ini, baik untuk melamar di instansi KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM atau MAHKAMAH AGUNG. Perlu anda perhatikan adalah keaslian dokumen sebagai syarat yang diperlukan. Seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Foto, KTP, Surat Lamaran, dan Surat Pernyataan. Hal ini perlu kejelian calon pelamar agar tidak salah mengupload. Untuk itu kami bagikan cara upload dokumen peserta melalui aplikasi sscn bkn.

Cara melamar cpns mulai dari registrasi hingga upload dokumen peserta

Sebelum mengupload dokumen peserta ke aplikasi sscn.bkn.go.id, maka anda sebagai calon pegawai negeri sipil perlu mendaftara diri ke portal sscn.bkn.go.id. Lengkapi biodata pribadi mulai dengan NIK, ijazah, dan sebagainya. Setelah melakukan registrasi maka silahkan pilih simpan agar data pribadi anda tersimpan. Selanjutnya perlu anda download kartu calon peserta sebagai bukti bahwa anda sudah mendaftara di BKN.

Langkah Upload Dokumen Peserta CPNS Yang Perlu Dilakukan
Berikut ini kami bagikan cara mengupload dokumen peserta cpns 2017 dengan baik dan benar agar anda bisa lulus administrasi nantinya.
  1. Pastikan anda sudah menyiapkan syarat yang diperlukan dalam bentuk JPG.
  2. Surat lamaran dan surat pernyataan baiknya di print terlebih dulu, lalu ditanda tangani oleh calon peserta di atas materai 6000.
  3. Selanjutnya, semua persyaratan yang diperlukan seperti foto, ijazan, KTP, Surat lamaran, Surat pernyataan, beserta transkrip nilai atau daftar nilai, perlu anda jadikan sebagai file dalam bentuk JPG dengan cara di scan.
  4. Sesuaikan ukuran semua file tersebut agar saat mengupload tidak error.
  5. Simpan dalam satu folder agar memudahkan anda saat upload dokumen pesera CPNS ke sscn. bkn.go.id. Baik di flashdis maupun di komputer/ laptop.

Baca Juga: Proses Upload Dokumen CPNS error? Ini Solusinya

Proses dan Cara Upload Dokumen Peserta CPNS
Nah, setelah semua dokumen sebagai persyaratan sudah anda siapkan, maka semua file tersebut akan anda upload melaluo akun yang sudah anda daftarkan ke sscn.bkn.go.id. Hal ini wajib dilakukan agar seleksi administrasi bisa lulus. Berikut cara upload dokumen peserta cpns 2017 di bawah ini:
  1. Silahkan login ke portal https://sscn.bkn.go.id/
  2. Masuk dengan NIK dan silahkan masukkan pasword anda.
  3. Selanjutnya pilih "RIWAYAT" untuk melihat formasi jabatan yang sudah anda ambil berdasarkan instansi.
  4. Disitu akan terlihat "Step ③ Riwayat Pelamaran SSCN".
  5. Di bawah akan terlihat juga instansi yang anda lamar.
  6. Sebelah kanan laptop atau komputer anda terlihat "CETAK" dan "DOKUMEN".
  7. Pilih atau klik pada "DOKUMEN" yang warna hijau untuk proses upload dokumen peserta.
  8. Selanjutnya anda akan melihat pada status "Belum Upload".
  9. Maka, klik pada :Upload" yang warna hijau untuk mengupload dokumen yang diminta. Pilih File (maksimal 200KB dan jpg).
  10. Setelah selesai klik upload, maka file yang anda pilih sudah ter upload ke portal sscn.bkn.go.id.

Baca Juga: Cara Mendaftar CPNS Kemenkumham Untuk Kualifikasi D3 dan SLTA/ SMA

Nah, tugas anda silahkan mengupload semua file yang diminta sesuai ukuran. Ukuran maksimal adalah 200 KB dan jpg. Pastikan semua file sebagai persyaratan sudah ter upload dengan benar. Selanjutnya, silahkan cetak kartu kembali untuk dilampirkan sebagai salah satu syarat pengiriman melalui PO BOX nantinya.

Demikian cara melamar CPNS tahun 2017 melalui portal https://sscn.bkn.go.id. Ikuti langkah demi langkah untuk kelulusan administrasi sebagai langkah awal melamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017. Semoga bermanfaat dan berguna untuk calon peserta CPNS tahun 2017 ini. Bila artikel ini bermanfaat dan berguna bagi anda. Maka, silahkan dibagikan kepada calon pelamar cpns lainnya supaya dapat memudahkan dalam proses pendaftaran cpns di tahun ini.

82 Responses to "Cara Upload Dokumen di Aplikasi SSCN BKN Untuk CPNS 2017"

  1. bantu jawab lah agan agan yg ngerti ane ada kendala nih disini sudah sampe di dokumen peserta kenapa jenis dokumen dan status nya gak ada yg muncul yak? # bantu UP gan makasih, dan saya sudah sampe di no 7trsbut. utk ke no 8 trsbut tdk ada bacaan nya upload gan. mohon bantuannya itu knapa ya prmasalahannya. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pahami dulu langkah terkait dengan cara mengupload dokumen peserta. Selanjutnya baru upload. Kalau anda juga terkendala dengan upload yang tidak muncul, itu karena jaringan atau server sedang banyak yang menggunakan. Solusinya upload lah dokumen di atas jam 12 malam saja, mungkin bisa.

      Delete
  2. Saya sudah mendaftar dan mencetak kartu pendaftaran tapi belum upload dokumen yg diminta krn blm siap, besoknya saya mau upload dokumen di riwayat ternyata sudah kosong. Bagaimana ini? apakah saya masih bisa mendaftar dan mengirimkan dokumen saya ke PO BOX yg telah di tentukan tanpa harus mengupload dokumen di riwayat dl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengirim berkas via PO.BOX, tidak ada hubungan dengan upload dokumen. Artinya anda bisa mengirimnya. Namun, upload dokumen itu menurut saya wajib dilakukan oleh calon peserta. Karena itu sudah menjadi prosedur mendaftar CPNS om. Jadi baiknya upload dulu, baru dikirim berkas via POS.

      Delete
  3. Saya udah nunggu 2hari gan tp gk muncul" menu uploadnya, tkutnya ntar keburu ditutup pendaftarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan panik om, masih lama masa uploadnya. Tunggu dan sabar aja dulu yaaa..

      Delete
  4. Di laptop saya kok tidak ada tulisan uploadnya ya, mohon penjelasannya dan bantuannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin anda menggunakan laptop kecil, maka menu upload dokumen tidak terlihat. Solusinya gunakan laptop besar agar bisa terbaca semua.

      Delete
  5. gan,,mohon bantuannya ya..saya ingin mengupload dokumen..saya sudah sampai di step 3. saya pilih riwayat, lalu saya pilih dokumen..masalah nya di laman itu gk ada bacaan uploadnya , yang ada cuma bacaan jenis dokumen dan status..laman nya juga gk bisa di klik. dan juga saya selalu gagal ketika mengunduh kartu pendaftarannya. gimana itu gan..mohon bantuannya pleaeese...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai jangan panik, saya cek sekarang tidak ada masalah, masih bisa upload dokumen. Upload dokumen di samping menu "Status" gan. Tinggal klik upload lalu pilih file, selanjutnya klik lagi upload, selesai.

      Delete
  6. untuk menu riwayat gak bisa upload dokumen kusus pendidikan d-III dan SLTA. untuk S1 Bisa upload. bikan karena server nya down atau trafik data padat tapi karena aplikasi nya yang tidak sempurna atau apa gitu. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo kalau itu belum saya tahu, soalnya yang S1 normal aja ni..

      Delete
  7. untuk menu riwayat gak bisa upload dokumen kusus pendidikan d-III dan SLTA. untuk S1 Bisa upload. bikan karena server nya down atau trafik data padat tapi karena aplikasi nya yang tidak sempurna atau apa gitu. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk D3 dan SMA tidak disuruh upload, maka tidak disediakan menu upload.

      Delete
  8. mas apa betul servernya lagi erorr ? tempat sayaa saat klik dokumen dan tampil hanya muncul kolom "jenis dokumen" dan "status" rincian untuk uploadnya tidak ada, kemudian dengan laptop yang sama temen saya juga mendaftar dan alhamdulillah dia berhasil ke "dokumen peserta" lengkap dengan upload dan sudah selesai mngupload semua berkas. Tapi kenapa saat punya saya tidak bisa ya mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin teman anda melamar dengan jenjang S1, dan anda jengjang D3 atau SLTA. Upload dokumen hanya untuk jenjang S1. Untuk D3 dan SMA tidak ada, hanya mendaftar online lalu kirim berkas saja

      Delete
  9. Apakah untuk jenjang SLTA tidak perlu upload dokumen ?

    ReplyDelete
  10. Saya udah daftar terus mau cetak kartu nya di menu riwayat tapi pas masuk ke menu riwayat isi kosong
    Mau coba daftar lagi tapi keterangannya (anda tidak melanjutkan karna anda sudah mendaftar di 1 instansi) mohpn penjelasannya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kosong di menu riwayat. Coba klik di upload dokumen, lalu klik cetak nomor peserta.

      Delete
  11. gan saya salah uploud foto bisa di benerin gak gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa lagi. Baiknya daftar lain dengan cara gunakan nomor kk

      Delete
  12. min mau tanya..itu kartu pendaftarannya kalau udh dicetak perlu di isi gak...??? . soalnya mau aku kirim ke via pos...??

    ReplyDelete
  13. Mas mau nanya udah ke buru upload data tapi belum cetak kartu pendaftaran. .. Gimana cara cetak kartu pendaftaran? ??

    Kan kartu pendaftarab mau dikirim ke po. Box

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke akun sscn, lalu pilih riwayat. Selanjutnya pilih upload, lalu klik cetak kartu

      Delete
  14. Admin, sewaktu pendaftaran email saya salah, tetapi tidak bisa lagi untuk diganti bagaimana ini min? Bisakah diulang kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ulang aja. Mendaftar ulang dengan cara menggunakan nomor KK

      Delete
  15. gan,,mohon bantuannya ya..saya ingin mengupload dokumen SLTA..saya sudah sampai di step 3. saya pilih riwayat, lalu saya pilih dokumen..masalah nya di laman itu ada bacaan uploadnya , tapi setelah di klik yang muncul tulisan CETAK NOMOR PENDAFTARAN dan gak ada kolom upload data cuma bacaan jenis dokumen dan status..laman nya juga gk bisa di klik. gimana itu gan..mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jenjang SMA dan D3 tidak ada upload dokumen, setelah daftar langsung kirim lamaran via pos ke PO.BOX sesuai kantor wilayah

      Delete
  16. UNTUK LULUSAN SLTA DAN D3 HANYA MELENGKAPI REGISTRASI DAN PENGIRIMAN BERKAS VIA POS KE POBOX YG SUDAH TERTERA DI DRAF KEMENKUMHAM. SEMENTARA UNTUK LULUSAN S1 HARUS REGISTRASI SERTA MENYERTAKAN UPLOAD BERKAS, SESUAI ARAHAN PORTAL BKN PADA TWITTER RESMI KEMENKUMHAM. TERIMA KASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. @C.Dwianto om. Pahami dulu pengumuman cpns tahun ini, selanjutnya baru mendaftar diri yaa

      Delete
  17. saya mau tanya,kalau gagal upload file di step 3 bagaimana ?
    biar saya tau,apa sudah gagal atau masih bisa di kirim melalui kantor pos ???
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk jenjang D3 dan SLTA tidak upload dokumen. Untuk S1 saja yang upload

      Delete
  18. Saya sudah coba unggah dokumen tapi tetap gk bisa. Padahal jam 1 saya unggah sampai jam 5 tetap gk ada bacaan cetak. Dokumen. Gmn solusinya.

    ReplyDelete
  19. Padahal jm 1 saya mau upload berkas tapi gk da bacaan unggah dokumen

    ReplyDelete
  20. OM GIMANA YA KALO SALAH UPLOAD DOKUMEN YANG SEHARUSNYA SURAT LAMARAN KE UPLOAD SURAT PERNYATAAN GMN SOLUSINYA OM?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Upload aja di surat lamaran upload surat pernyataan. Atau daftar baru dengan nomor kk

      Delete
    2. permasalahannya sama :(, kalau daftar baru niknya diisi dngan nomor kk ? apa tidak masalah? mohon bantuannya

      Delete
  21. Min,mau tanya saya kan lulus tahun ini kan blm ada ijazah, boleh pake skhu sementara gak. Tks

    ReplyDelete
  22. Min,mau tanya saya kan lulus tahun ini kan blm ada ijazah, boleh pake skhu sementara gak. Tks

    ReplyDelete
  23. MIN, saya kan lulus tahun ini kan blm ada ijazah boleh pakai skl gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga boleh. Karena saat daftar diminta nomor ijazah.

      Delete
  24. mas ak kok gak bisa y upload dokumen tidak muncul tulisan unggah atau upload

    ReplyDelete
  25. button upload gak muncul min,apa bisa proses uplod dokumen nyusul?

    ReplyDelete
  26. Min bagaimana yg sarjana keperawatan + ners cara upload ijazahx g mana? Soalx punya 2 ijazah dan transkrip nilai.apa cuma ijazah ners saja yg di upload?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di gabungkan saja dulu, caranya di scan dan di edit dengan potoshop.

      Delete
  27. maaf sebelumnya saya mau tanya kenapa setiap saya masuk ke sscn pendaftaran pns login terus ke riwayat klik unggah malah gak muncul apa apa? solusinya bagaimana yah?
    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kamu bukan kualifikasi Sarjana (S1) ya.

      Delete
  28. ni lamaran dan surat pernyataan, diisi tanggal oleh pelamar atau dari pihak sana min ?

    ReplyDelete
  29. Min, transkrip saya kan sudah hilang. foto copi nya masih banyak,,, tapi sudah saya urus ke pihak univesitas, tapi mereka hanya mengeluarkan surat pengganti transkrip, daftar nilai tidak ada,,,,
    Jadi yang saya scan itu surat pengganti transkrip(asli) atau tetap foto copi transkrip yg uda dileges min,,,,
    Bingung saya,,,,

    ReplyDelete
  30. MIN BOLEH TAU KENAPA SURAT LAMARAN DAN PERNYATAAN SUDAH BERHASIL DI UPLOAD TAPI PAS DI LIHAT KOK BLANK YA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal itu saya juga belum pernah nyoba. Karena, kalau uda berhasil upload saya abaikan saja

      Delete
  31. Min, saya upload photo latarblakangnya biru gimana itu ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan daftar ulang, itu kesalahan dari anda sendiri.
      Daftarnya gonakan nomor kk. Kalaupun ga bisa berarti anda gagal jadi calon peserta

      Delete
  32. min mau nanya, kalo ngirim berkas persyaratan harus ke PO BOX JKT? tapi saya baca di linknya "pelamar mengirimkan berkas lamaran sesuai persyaratan pelamaran melalui PO. BOX dari masing2 Kantor Wilayah yg dituju" jadinya gimana?

    ReplyDelete
  33. saya mau bertanya kenapa diform pendidikan terakhir tidak ada lulusan SLTA atau SMA yah...?

    ReplyDelete
  34. Untuk kualifikasi s1 , apabila sdh upload apa perlu juga untuk mengirimkan berkas nya ke po box ? Jika iya berkas yg dikirimkan apa saja ya thanks

    ReplyDelete
  35. Untuk yg sdh upload kualifikasi sarjana, apakh oerlu jg mengirimkan berkas ke po box ? Jika iya syaratnya apa saja ? Dan untuk surat domisili bagi yg sarja di upload dmn ya ? Thanks

    ReplyDelete
  36. Min,kalo pas unggah transkip yg keunggah scan bagian blakangnya aja, gimana ya min..itu apa brarti sudah gagal administrasi...lupa gabungindepan blkangnya­čś×.tank u

    ReplyDelete
  37. om klo lwt jlur non sccn tu gmna ya,,,saya krng pham itu,,,,tolong jlsin y om,,sya gk ngrty ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tes cpns tidak ada jalur tol, lorong, apa lagi jalan pintas. Tes cpns harus lewat sscn.bkn.go.id. Silahkan buka link sscn bkn, lalu daftarkan dengan nomor NIK atau KTP

      Delete
  38. Mas, sy kan daftar lewat sscn ikuti petunjuk trus sampai ke step 3 pilih instansi kejaksaan agung utk lulusan SMA nah setelah itu langsung ke jalur mandiri/non sscn dan tdk ada kolom utk upload file/berkas. Apakah sy harus lgsg kirim ke PO BOX kah ya, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah menyelesaikan tahap daftar di sscn. Maka tinggal kirim berkas ke alamat po box

      Delete
  39. tolong gimana cara mengganti file yg sdah di upload,tadix salah unggah dokumen

    ReplyDelete
  40. saya malah ndak ada tombol dokumen sama sekali...mana bisa upload coba??

    ReplyDelete
  41. ada yang tau cara upload dokumen untuk yang pendafaran di non sscn?
    setelah daftar dkasi website utk upload dokumennya, tapi tidak bisa dibuka.
    tolong bantuannya donk, bagi yg tau tempat upload dok utk instansi kemenkeu..
    thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di upload melalui link yang diberikan. Bila terjadi masalah, biasanya karena sedang rame yang masuk. Solusinya adalah silahkan unggah saat waktu yang sepi, biasanya di atas jam 00.00

      Delete
  42. bagaimana cara mengganti upload dokumen yang salah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terjadi kesalahan, maka tergantung panitia cpns. Untuk mengganti tidak ada cara.

      Delete
  43. Min, mau tanya. Saya kan daftar di Kementan, nah di upload dokumen itu tidak ada kolom yang buat upload surat lamaran, enaknya gimana ya min? adanya cuma upload untuk surat pernyataan, ktp, ijazah+transkrip, pas foto, sama sertifikat akreditasi Perguruan tinggi saya. Mohon bantuannya min...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada kolom, mungkin tidak disuruh upload. Upload dokumen yang di minta saja, yang tidak diminta, maka abaikan. Jangan buat bingung diri sendiri.

      Delete
  44. izin bertanya mas, saya selalu gagal upload berkas ijazah dengan ket format salah. padahal format sudah dalam bentuk pdf dan kapasitas file min 102kb dan maks 300kb. pdhl untuk berkas ktp, transip dan surat akreditas sudah berhasil. bagaimana solusinya mas? thanks

    ReplyDelete
  45. Solusinya adalah buat bentuk file dan ukurannya sesuai. Misalnya, ukuran yang ada tidak berhasil, maka buat ukuran lain. Yang terpenting jangan kegedean dan juga terlalu kecil.

    ReplyDelete
  46. Maaf saya mau nanya saya sudah upload pas foto pada riwayat sscn namun saat itu jaringan saya tidak stabil sehingga saya merefresh dan mengupload lagi sebab ketika saya refresh laman pada upload foto masih kosong. Lalu ketika saya buka lagi ternyata sudah selesai di upload namun ketika mau dibuka hasil uploadnya ternyata ada tulisan upload lebih dari satu elemen. Atau lebih dari satu. Itu bagaimana ya gan apakah itu akan menjadi masalah? Takutnya foto tidak bisa mereka buka karena terdouble

    ReplyDelete
  47. Gan saya mau nanya. Saya sudah upload pas foto pd riwayat sscn, ketika saya upload foto jaringan saya sedang tidak stabil sehingga saya merefresh nya dan saya upload kembali karena laman pada pasfoto masi kosong.lalu saya coba login kembali ternyata riwayat uploaf foto saya sudah selesai dan ketika saya ingin melihatnya muncul tulisan more than one elements atau lebih dari satu element. Apakah itu akan menjadi masalah ya gan? Takut mereka tidak bisa membuka pas foto saya krn ter double saat mengupload nya.

    ReplyDelete
  48. MIN MAU TANYA SAYA SUDAH MENGUPLOAD FILE IJASAH SAMA TRANSKIP KE WEB REKRUTMEN KEJAS=KSAAN AGUNG TAPI SETELAH ITU KETERANGANNYA EKSTENSI LAMPIRAN IJASAH BUKAN JPG PADAHAL FILE IJASAH SAMA TRANSKIPNYA SUDAH SAYA BUAT KE FILE JPG DENGAN UKRAN 300KB MIN.MOHON BANTUANNYA.MAKASIH

    ReplyDelete
  49. Mohon bantuannya, saya udah upload ijazah dan berhasil, pada saat mau upload dok lainnya tidak mau padahal size nya sudah kecil. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  50. Ukurannya tentu harus disesuaikan om. Artinya tidak harus lebih besar atau lebih kecil dari yang ditentukan. Coba buat file ukuran 120, lalu upload

    ReplyDelete
  51. Dear min,saya salah upload ktp jadi foto dan sebaliknya.ngaruh ke seleksi administrasi ndak?trus mengenai surat keterangan akreditasi ban pt,kampus saya tdk dibuat terpisah ket akreditasny,jadi saya upload ijazahnya.lolos seleksi administrasi ndak ya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel