-->

Cara Membuat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, tentu kalian perlu memahami seluruh informasi lowongan pekerjaan yang kalian dapat. Baik itu melalui iklan maupun info rekrutmen secara resmi yakni lowongan cpns. Kalian perlu mengetahui informasi secara detail guna saat membuat lamaran pekerjaan tidak ada poin penting yang lupa. Maka, baiknya info lowongan tersebuat di poto agar memudahkan kalian saar menulis persyaratan yang ada pada lamaran kerja nantinya.

Cara menulis surat lamaran agar cepat diterima kerja

Hal yang perlu kamu ketahui bahwa, surat lamaran kerja merupakan poin penting untuk menentukan pelamar diterima atau tidak. Oleh karena itu, membuat surat lamaran kerja perlu teliti agar hasilnya baik. Dalam hal ini tentu, kamu perlu mempromosikan diri tanpa berlebihan. Ini adalah salah satu cara yang sering dilakukan oleh pelamar dan menjadi nilai tambah bagi perusahaan dimana kamu melamar. Dan cara tersebut tentu menjadi peluang besar untuk diterima.

Menulis surat lamaran yang baik tentu diperlukan ketelitian serta kelengkapan informasi data diri pelamar agar mendapatkan nilai tambah dari perusahaan. Dengan demikian kamu pun tentu mendapatkan peluang yang lebih besar diterima dibandingkan dengan pelamar lainnya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan lapangan pekerjaan yang terbatas sementara pelamarnya melebihi.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Mudah Diterima
Oke, mari kita simak sebelum membuat lamaran kerja yang baik dan benar. Maka, perhatikan beberapa tips menulis surat lamaran pekerjaan guna peluang kamu diterima semakin besar.
  • Baca dan pahami dengan baik persyaratan yang telah ditentukan pada lowongan pekerjaan tersebut. Tujuannya adalah agar isi surat lamaran tidak keluar dari konteks.
  • Tulislah surat lamaran kerja dengan kata kata yang baik serta menggunakan Bahasa Indonesia yang benar.
  • Baiknya menggunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, dan sopan. Serta usahakan semenarik mungkin.
  • Tujuan surat lamaran harus jelas. Selain itu, nama yang dituju harus kamu pastikan benar, menulis gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan benar benar lengkap.
  • Setelah selesai membuat surat lamaran kerja. Maka, baiknya baca kembali secara seksama, dan pastikan tidak ada yang salah ketik. Selanjutnya menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
  • Baik surat lamaran kerja ditulis tangan maupun diketik. Pastikan kertas yang kalian gunakan bersih dari semua kotoran.
  • Jika kamu menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan kamu dapat terbaca dengan jelas. Alasi tangan Anda menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor bahkan terlipat.

Di atas merupakan langkah langkah yang perlu anda ikuti sebelum membuat surat lamaran kerja. Tujuan dari poin di atas agar surat lamaran yang kalian buat benar benar menarik dan dapat memancing HRD untuk menerima kamu sebagai karyawan nantinya. Paling tidak kamu sudah mendapatkan peluang besar diterima.

Hemmm... Bagi kalian yang mengikuti langkah di atas, maka kami yakinkan peluang diterima dimanapun kamu lamar akan semakin besar. Dan selanjutnya, simak cara menulis surat lamaran kerja yang baik sebagai berikut.

Cara menulis surat lamaran kerja
Pada umumnya, terkait untuk cara menulis surat lamaran kerja untuk ditujukan kemanapun, maka isinya sama saja. Baik itu membuat surat lamaran kerja online, surat lamaran kerja di bank, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan secara umum. Namun demikian, tentu akan terdapat perbedaan pada surat lamaran yang baik dan benar. Inilah yang membuat kamu diterima semakin besar dimana kamu melamarnya.

Langkah-langkah membuat surat lamaran kerja:
  • Tempat dan tanggal penulisan surat.
  • Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.
  • Salam hormat
  • Kata pengantar/ pembukaan

Dalam kata pengantar atau isi pembuka pada surat lamaran kerja, wajib kamu cantumkan dimana kalian mendapatkan informasi terkait lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang dituju. Baik dari surat kabar maupun internet, bahkan dari teman sekalipun.

Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang hendak kalian pilih, jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.

  • Biodata pribadi
Dalam hal ini usahakan menulis data diri secara lengkap. Sebagai contoh; Tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, hingga latar belakang Pendidikan (tidak wajib).

Untuk urusan latar belakang pendidikan, tuliskan saja jenjang pendidikan tertinggi.

  • Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
Jika sebelumnya pernah bekerja. Maka, tuliskan pekerjaan sebelumnya sebagai pengalaman kerja. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) maka abaikan. Selanjutnya menulis kemampuan yang kamu miliki sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

  • Penutup
Dalam penutup ini tulislah untuk pembaca bahwa kamu mempunyai keinginan kuat agar bisa diterima di perusahaan tersebut. Dan jangan lupa mengucapkan Terima kasih.

  • Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang kamu lamar semakin yakin. Maka, lampirkan juga surat penting lannya sebagai nilai tambah. Adapun lampiran yang dapat kamu lamprkan yakni, di bawah ini:
  1. Pas foto (foto terbaru)
  2. Fotokopi KTP
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Fotokopi ijazah terakhir
  5. Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

  • Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
Pada akhir kata tuliskan nama kamu yang jelas serta dibubuhkan tanda tangan dengan pena hitam. Nah, setelah kamu mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan, sebagai contoh surat dapat kalian baca pada informasi di bawah ini.
  1. Surat Lamaran CPNS Pemkab Aceh Besar
  2. Contoh Surat Lamaran Kerja Dalam Bentuk Doc

0 Response to "Cara Membuat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel