Tuesday, 27 December 2016

2 Bentuk Informasi Penipuan Yang Perlu di Waspadai

Informasi Penipuan Yang Perlu diketahui | Ada saja informasi yang membuat suasana hati masyarakat awam senang akan tetapi jera. Hal ini sudah pernah dirasakan oleh beberapa masyarakat, untuk itu agar informasi modus penipuan ini tidak merajalela, maka perlu diketahui bentuk dan ciri ciri informasi penipuan tersebut.

Tahukah Anda, jauh sebelumnya pernah beredar cek yang bernilai milyaran rupiah. Hal ini pernah didapatkan diberbagai daerah dan ditemukan didepan jalan rumah. Bentuk surat atau cek ini di desain sedemikian rupa rapi sehingga dapat membuat sebagian masyarakat resah dengan informasi yang beredar. Hal lainnya juga pernah menjadi heboh seperti SMS berhadiah bahkan berupa informasi lainnya.

Contoh informasi yang mengandung unsur penipuan

Dengan kejadian kejadian demikian, maka list-kerja.blogspot.com ikut memperhatikan informasi yang berkembang dikalangan masyarakat. Untuk itu, bersama dengan artikel ini kami merangkul beberapa bentuk informasi yang diduga mengandung unsur penipuan dapat Anda ketahui yakni sebagai berikut:

1. Informasi modus penipuan dengan pesan elektronik
Adapun informasi modus penipuan yang berbentuk pesan elektronik yaitu menggunakan telpon/ HP untuk menghubungi target yang akan menjadi korban penipuan. Cara kerja mereka berdasarkan informasi yang sudah kami simpulkan adalah, menghubungi individu dengan menggunakan Telp/ HP untuk menyampaikan beberapa informasi agar bisa terpengaruh terkait dengan informasi yang diberikan. Misalnya, menghubungi Anda dengan via HP atau Telp mengajak atau memberitahukan bahwa Anda mendapatkan hadiah melalui salah satu perusahaan dengan tujuan agar Anda bisa berusaha untuk mendapatkan hadiah yang dijanjikan olehnya.

Baca Juga: Cara Mencegah Informasi Penipuan Agar Tidak Menjadi Korban

Bentuk informasi lainnya adalah dengan cara mengirim pesan singkat (SMS) dengan informasi bahwa Anda mendapatkan hadiah baik itu berupa uang tunai maupun satu unit benda baik itu mobil, Honda, dan sebagainya. Tujuan mereka adalah agar Anda bisa terpancing dan berusaha menghubungi mereka kembali. Selain itu juga berbentuk pesan elektronik melalui email. Sering kita dapatkan informasi berhadiah yang dikirim melalui email atau berupa informasi pengumuman rekrutmen.

2. Informasi mudus penipuan dengan pesan cetak
Salah satu informasi yang mengandung unsur penipuan adalah seperti cek yang pernah beradar dengan jumlah uang milyaran rupiah. Hal ini akan dibuat masyarakat terpengaruh untuk bisa mengambil uang yang tertera di cek tersebut. Bentuk informasi lainnya juga bisa Anda dapatkan dimedia cetak seperti Koran majalah dan sebagainya. Oknum yang tidak bertanggung jawab ini tentu tidak ada malunya menyebarkan informasi demikian, karena tujuan mereka sendiri hanya untuk mengambil keuntungan dari kelalaian dan juga memanfaatkan keterbatasan kemampuan orang lain.

Untuk lebih jelasnya agar Anda tidak terperangkap dari oknum yang tidak bertanggung jawab, maka apa pun informasi yang Anda dapatkan, baik itu dari pesan singkat (SMS) pesan Blacbarry Massenger (BBM) atau melalui pesan Email, perlu diperhatikan kebenaran dan juga kejelasan informasi yang ada. Selain bisa menghindari dari modus penipuan juga mengenal bentuk informasi yang mengandung unsur unsur penipuan.


EmoticonEmoticon