Cara Mengirim Lamaran Melalui Email Baik dan Benar

Dalam artikel ini kami bagikan informasi cara yang benar mengirimkan lamaran via online atau mengirim lamaran kerja melalui email yang baik. Mungkin bagi Anda yang sudah paham terkait dengan cara mengirim berkas lamaran, tentu sudah tidak menarik lagi membaca artikel ini. Namun bagi Anda yang belum mengerti dengan cara mengajukan lamaran agar bisa terpanggil pada tahap seleksi administrasi, maka Anda tidak salah untuk menyisihkan waktu guna membaca artikel yang kami sajikan ini.

tips mengirim berkas lamaran lewat email
Cara mengirim lamaran via email
Poto: 5blends.com

Mengajukan lamaran pekerjaan, tentu bisa dengan cara mengirim langsung ke perusahaan, dan juga mengirim melalui pesan elektronik atau lewat email. Ini juga tergantung permintaan panitia seleksi berkas lamaran. Mengirim berkas lamaran secara langsung, baik datang ke perusahaan maupun dengan cara mengirim email, merupakan kebijakan panitia seleksi. Cara ini sangat tergantung pada panitia seleksi administrasi. Untuk itu perlu Anda ketahui cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar agar, berkas Anda dibaca oleh panitia seleksi nantinya.

Untuk melakukan pengiriman berkas lamaran melalui email, hal yang harus Anda perhatikan bahwa, perlengkapan administrasi atau dokumen dokumen yang diminta oleh perusahaan harus Anda lengkapi. Bila ini tidak jeli, maka berkas lamaran Anda akan diabaikan oleh panitia seleksi. Untuk itu, baiknya melengkapi berkas lamaran tentu harus Anda siapkan dokumen dokumen yang diminta sebagaimana pengumuman yang ada.


Persiapan File, Sebelum Mengirim Lamaran
Sebelum kita lanjut ke cara mengirim lamaran lewat email, maka baiknya perhatikan kelengkapan administrasi yang harus anda siapkan sebelum mengirim file sebagai berkas lamaran pekerjaan.

Berikut ini lampiran yang harus anda siapkan sebelum dijadikan sebagai file lampiran berkas lamaran di bawah ini:
  1. Membuat file surat lamaran yang akan Anda tujukan kepada pimpinan perusahaan.
  2. Buatlah Curriculum Vitae/ Daftar Riwayat Hidup yang menarik
  3. Siapkan referensi pekerjaan yang ada
  4. Selanjutnya pastikan dokumen yang diperlukan sudah lengkap sebagaimana persyaratan utama
  5. Scan semua lampiran dokumen yang diperlukan.

Proses Pengiriman File Lamaran
Nah, bagi anda yang sudah mempersiapkan semua file lampiran sebagai berkas lamaran via online. Maka, selanjutnya akan kita lanjut ke proses pengiriman berkas lamaran melalui email yang baik dan benar.

Berikut tutorial dan cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar yakni, di bawah ini:  
  1. Pastikan dokumen yang akan anda kirim benar benar sudah lengkap, dan tersimpan pada satu folder di komputer atau laptop anda.
  2. Tujuannya adalah memudahkan saat upload file dokumen lamaran via email pada proses pengiriman berkas lamaran.
  3. Pastikan Anda memiliki akun gmail atau yahoo mail.
  4. Jangan mengirim berkas lamaran dengan email perusahaan atau menggunakan domain pribadi.
  5. Nah, untuk selanjutnya. Maka, silahkan buka akun gmail anda (https://mail.google.com).
  6. Klik pada "TULIS" agar muncul laman kirim pesan.
  7. Tuliskan alamat "email tujuan" yang benar agar tidak salah masuk, pada kolom penerima.
  8. Selanjutnya, pada "Subjek" biasanya kode jabatan yang anda lamar.
  9. Silahkan klik pada "Lampiran File" untuk meng upload dokumen satu persatu ke email Anda.
  10. Selesai upload, maka klik pada "KIRIM" untuk mengirim file sebagai berkas lamaran pekerjaan.

Semua dokumen yang Anda kirim akan dibaca oleh panitia seleksi. Maka untuk itu, pastikan dokumen Anda lengkap dan benar agar Anda lulus administrasi saat mengikuti tahapan seleksi. Dokumen yang menjadi ujung tombak adalah lamaran dan curiculum vitae. Karena ini sudah mewakili Anda sebelum mengikuti wawancara. Untuk itu, perhatikan apakah dokumen itu sudah benar dan lengkap.

Perlu Anda perhatikan dokumen yang Anda kirim ke panitia seleksi administrasi yakni, dokumen Anda harus terlihat serius. Artinya jangan mengirim dokumen kosong atau mengirim dokumen tanpa adanya tanda tangan Anda. Untuk itu, sebelum mengirim berkas, maka harus Anda tanda tangani semua dokumen dimana ada nama yang harus Anda tandatangani.

Demikian informasi terkait dengan cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar dan juga CV melalui email atau pesan elektronik. Cara di atas juga sudah menjadi panduan untuk semua yang belum banyak mengerti. Semoga dengan adanya panduan di atas dapat bermanfaat dan juga bisa berguna bagi kita semua.

2 Responses to "Cara Mengirim Lamaran Melalui Email Baik dan Benar"

  1. hihi kadang, saya juga masih kurang hati hati dalam ngirim lamaran lewat jalur email ini mas. makasih uda ngingatin lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheee... ya mas, mengirim lamaran via email tentu harus berhati hati agar tidak terjebak. Yang harus diperhatikan adalah alamat email perusahaan yang hendak kita kirim lamaran itu benar atau tidak.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel